[Acer x Youthmanual Blog Competition] Solusi Jitu menghadapi Quarter Life Crisis dalam Mengenali Potensi Diri




Platform Persiapan Kuliah dan Karier No 1
Pernah gak sih kalian ngerasa gak ada arah tujuan? Terjebak disuatu waktu dan enggak tahu harus ngapain buat mewujudkan passion. Sebenarnya, hidup seperti apa yang ingin kita jalanin saat ini? Memang, umur remaja seperti kita kerap kali galau masalah yang sebenarnya bisa dipikirkan nanti namun jadinya malah kepikiran terus. Semisal aja kita kepikiran diumur sekian kita nantinya akan jadi apa ya? kita lihat temen kita kok udah pada sukses dan berprestasi dimana-mana? Sedangkan kita kok masih biasa biasa aja.

Istilah itu yang disebut sebagai Quarter Life Crisis atau krisis Seperempat Abad, meskipun umur kita belum mencapai umur 25 ke atas tapi kalau pikiran kita sudah matang bisa saja terjebak dalam situasi tersebut. Kita merasa sendiri, kecewa, kesepian, atau bisa juga depresi. Kita jadi merasa terperangkap sama suatu hal dihidup kita sendiri dan punya rasa, "aku harus keluar dari zona ini dan harus ngerubah hidup aku". Krisis ini membuat kita sadar bahwa penting banget buat mencari jati diri kita yang sebenarnya.

Salah satu kunci untuk menghadapi Quarter Life Crisis adalah bagaimana kita lebih berani mengeksplorasi diri. Bisa saja dengan bikin goals besar kemudian diuraikan lagi menjadi goals goals kecil tapi gak perlu seribet itu lagi sekarang, karena aku datang membawa solusinya nih. Jadi, aku udah ngikutin platform ini sejak aku semester 1 di kuliah. Awalnya iseng aja nemu artikel dengan tema yang menarik dan bermanfaat banget buat aku yang dilanda krisis ini. Meskipun modulnya masih terbatas dan hanya beberapa yang bisa aku isi, jujur platform ini ngebantu aku banget buat tahu apa yang selama ini aku cari buat lebih memahami diriku sendiri.


Jadi selama ini kepribadianku mirip Kristen Stewart?


Aku jadi makin penasaran dan ketagihan buat ngikutin platform ini. Apalagi, aku juga suka baca artikel menarik dan informatif yang ada di kolom jurnal. Oh iya, buat kamu yang suka nulis juga bisa kirim tulisan kamu disini, loh.



Pasti timbul pertanyaan nih dari kalian. Apa sih nama platformnya? 
Platform ini bernama Youthmanual.

Apa itu Youthmanual?
Youthmanual adalah platform persiapan kuliah dan karier online berbasis data, didukung oleh teknologi People Science untuk membantu siswa dalam merancang dan mempersiapkan masa depan mereka. Dikembangkan menggunakan riset ilmiah, Youthmanual mengukur 7 dimensi profil siswa sebagai landasan dalam rekomendasi, perencanaan kuliah dan karier yang terintegrasi, berkesinambungan dan menyeluruh
Nah jadi setelah kamu daftar dan login di platform ini kamu bisa isi modul kemampuan. Disitu nanti kamu bakal dikasi pertanyaan yang harus dijawab. Lalu setelah isi modul sesuai urutan yang ada di peta perjalanan, nanti akan ada hasilnya seperti dibawah ini.

Peta Perjalanan


Golongan ISTP ini menjelaskan kepribadian dan gaya belajar yang sesuai denganku. Salah satu hasilnya adalah gaya belajarku lebih suka kalau termotivasi oleh orang lain. Karena memang aku mau melihat sudut pandang yang berbeda bagaimana seseorang bisa sukses dan aku cari tahu langkah apa aja yang mereka lakukan. Gaya belajar lainnya yang aku sukai yaitu belajar sendiri, suka hawa yang dingin, dan sebagainya.

Platform ini membantu aku banget buat tahu minat dalam kehidupanku. Dan hasilnya ternyata yang paling aku minati adalah bidang Kerja Kreatif. Bisa dilihat dari hobiku yang suka menghasilkan ide baru, tantangan, dan lebih suka waktu yang fleksibel saat diberikan tugas.


Ini nih, pasti dibutuhin banget buat adek-adek yang baru lulus SMA. Yang masih pada bingung mau kuliah jurusan apa? Dimana universitas yang bagus sesuai jurusan? Youthmanual memang solusi jitu buat ngejawab semua pertanyaan semacam itu. Youthmanual membantu kita buat mengetahui kita cocoknya di jurusan apa. Meskipun aku udah kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, enggak ada salahnya buat tahu potensi lain yang sebenarnya belum pernah kita ketahui. Dan ternyata, hasil jurusan peringkat pertama yang cocok buatku adalah.... DKV Animasi. Ngerti banget ya kalau emang dari dulu aku pengennya DKV. Tapi setelah aku pikir kembali, jalanku memang bukan disana. Digital media, Televisi, dan Film yang aku yakini paling cocok buat meraih passion yang aku inginkan sejak dulu. So, buat reminder aja buat kalian. Jangan memilih jurusan karena terpaksa atau hanya sekedar hobi tapi pilih jurusan yang saat menjalaninya itu kamu gak akan pernah ngeluh, yang bikin kamu senang mengerjakan hal itu meskipun tanpa dibayar. Itulah yang namanya passion. 


Lalu untuk mencari tahu informasi kampus, kita enggak perlu repot buat browsing banyak hal di Google, karena Youthmanual menampilkan review dari para pengguna atau mahasiswa yang pernah berkuliah disana. Dari jumlah Fakultas dan Program Studi sampai rekomendasi para mahasiwa dimana  tempat makan enak sekitar kampus.




My Favorite in Youthmanual!
Favorit aku adalah Explorasi Profesi yang ada di peta nomer tujuh, jadi kita bisa tahu pekerjaan yang sesuai minat dan kemampuan kita. Nantinya bakal dijelasin skill apa aja yang harus kamu siapkan saat ini sampai kisaran gaji yang kamu dapetin dan dijelasin lengkap disini. Contohnya, aku pengen cari profesi Content Writer.


Nah, ini informasi umum yang harus kita tahu buat masuk dalam pekerjaan tersebut. Mulai dari jenjang pendidikan, pendapatan sampai ngapain aja kalo kerja disana.



Lalu ada pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan yang harus kamu punya. Selain itu, Content Writer pastinya harus bisa nulis, punya ide segar dan kreatif, tahan banting terhadap deadline, dan sebagainya. Wah, jadi gak sabar pengen cepet cepet lulus dan bisa kerja ya!




Profesi ini juga terhubung dengan jurusan yang mempunyai prospek pekerjaan tersebut. Jurusan Ilmu Komunikasi yang aku pelajari saat ini menandakan profesi yang aku mau punya selangkah yang lebih maju untuk mencapainya. Tapi selain itu, aku juga harus meningkatkan softskill yang lain seperti menulis maupun mempersuasi atau public speaking.


Udah lama banget aku gak buka lagi platform ini karena masih fokus kuliah. Tapi, suatu ketika ada notifikasi email kalau Youthmanual mengeluarkan akun Explorer. Jadi kalau kamu udah jadi member, kamu bakal ditawarin Youthmanual buat ngeupgrade akun lama kamu jadi akun Explorer. Cuma dengan 79 ribu kamu udah bisa ngakses platform ini dengan semua database lo! modulnya juga lebih banyak. Gak sia-sia banget deh ngeluarin duit buat ikut hal bermanfaat. Ditambah lagi punya kamu kesempatan buat lebih tahu potensimu dimasa depan.



Setelah coba semua modul dan tahu apa yang harus dilakukan, jangan lupa untuk selalu berusaha dan melakukan segala dengan cara yang terbaik. Platform ini bisa jadi andalan, tapi kalau kita masih menunda dan malas untuk melangkah, maka apa yang membedakan kamu sekarang dengan kamu yang dulu? Semoga tulisan ini berguna buat kamu kamu yang dilanda Quarter Life Crisis. Jangan ngerasa minder dan membandingkan diri dengan orang lain, karena menjadi berbeda adalah jalan lain untuk menjadi orang sukses. Dengan Youthmanual, mulailah merancang masa depanmu! (www.youthmanual.com)

 

Acer Swift 3, Laptop yang hadir untuk Mewujudkan Impianku

Di era serba praktis dan cepat sekarang, kita sebagai kaum yang "melek" teknologi perlu banget gadget yang bisa menunjang produktivitas kita. Acer telah meluncurkan produk Acer Swift 3, laptop 14” super tipis dan ringan dengan ketebalan sebesar 17.95 mm dan total berat mencapai 1.5 kg. Ringan dan mudah ya untuk dibawa ke mana-mana! Cocok banget buat aku yang setiap harinya disibukkan dengan aktifitas kuliah dan nge-blog.

Spesifikasi Tinggi, Penunjang Produktivas Keseharianku
Dengan menghadirkan prosesor Intel® CoreTM i5-6200U dengan RAM sebesar 4GB DDR4 dan sistem operasinya yang sudah Windows 10. Spesifikasi tersebut bisa membantu produktifitas kita untuk lebih produktif mengerjakan tugas dan belajar. Acer Swift 3 dengan kapasitas penyimpanan 256GB SSD ini menghasilkan koneksi internet yang lima kali lebih cepat dari Internet biasa. Mulai dari menulis blog, sampai download banyak file, dan browsing semua bisa dilakukan dengan hadirnya Acer Swift 3.
Salah satu keunggulan Acer Swift 3 terdapat pada fitur Touch Fingerprint Scanner yang dilengkapi kemampuan memproteksi seluruh spesifikasi yang ada pada perangkat Acer Swift 3, jadi kita hanya perlu meletakkan satu jari untuk login pada Acer Swift 3. Selain itu, adanya teknologi Acer Bluelight Shield yang diletakkan pada layar Acer Swift sehingga dapat melindungi mata kita dari kelelahan saat melihat layar laptop dalam waktu yang lama.



Desain Super Stylish dengan Pilihan Warna yang Cantik
Selain itu, Acer Swift 3 juga memiliki desain yang elegan. Setiap sudutnya memiliki lekukan bulat sempurna dan simetris. Seluruh bahan cover-nya 100% terbuat dari metal, sehingga menciptakan tampilan klasik, elegan, dan premium. Ada dua warna pilihan Acer Swift 3 ini, yaitu Luxury Gold dan Sparkly Silver. Yang pasti kita jadi keliatan keren banget deh kalo bawa laptop ini kemana-mana!



Baterai Awet Selama 12 Jam, Bisa Banget Ngerjain Tugas sambil Nonton Film!
Laptop satu ini memiliki daya tahan baterai yang bisa mencapai dua belas jam. Serunya lagi, ditambah port USB 3.0 pendukung fitur power-off USB charging yang bisa melakukan charging smartphone tanpa harus menyalakan laptop. Jadi, Acer Swift 3 ini berfungsi juga sebagai powerbank berukuran besar, guys. Makin betah abis capek belajar bisa langsung nonton film atau streaming oppa-oppa.

Untuk aku sebagai mahasiswa sekaligus blogger, laptop ini mendukung aku dalam meraih passionku. Spesifikasi yang beragam, mudah dibawa kemana saja, dan desainnya yang elegan membuat aku lebih semangat untuk jadi lebih produktif. Aku harap dengan Acer Swift 3, aku bisa menggali potensi dan mengejar mimpiku! 
(Reference : http://www.acerid.com/2016/11/acer-swift-3-laptop-super-stylish-dengan-spesifikasi-optimal/)

Komentar

Postingan Populer