Skincare For Combination & Acne Prone Skin


Jadi awalnya aku jerawatan karena ada satu jerawat kecil di pipi kiriku. Entah kenapa jerawat ini bandel gamau ilang, terus entah kenapa kok tiba-tiba pecah and i dont know what to do. Udah kucoba cuci muka, udah kupakein Aloe Vera kok malah meradang ya.

Amazingnya lagi, aku bersihin muka pakai zaitun karena katanya bisa ngebersihin make up dengan gampang. Hasilnya emang bersih sih, tapi aku gatau kalau minyaknya itu kudu dibilas. Soalnya katanya minyak zaitun itu juga bisa jadi pelembap (?) Alhasil aku biarin aja sampai kubuat tidur dan malah tambah meradang... Setelah mengobrol dengan teman yang sesama acne fighter lainnya bahwa ternyata minyak zaitun itulah yang membuat jerawatku meradang seperti ini :)))) karena kulitku yang udah berminyak kalo kena minyak ya kulit jadi memproduksi minyak lebih banyak lagi dari biasanya.

Akhirnya aku nurutin semua kata dia untuk menghindari yang namanya minyak zaitun dipakein ke muka. Dia kan juga sering ngikutin dokter kulit di Youtube gitu, katanya kalau jerawatan aku harus hindarin yang namanya vit C, vit E, greentea sama produk yang mengandung alkohol dan aku turutin semuanya. FYI, akhirnya aku mulai berhenti menggunakan produk dibawah ini yang menurutku gak cocok karena malah bikin jerawatku nambah :
  1. Garnier serum white : karena mengandung Vit C yang bisa bikin jerawat iritasi
  2. Garnier BB cream : menyumbat pori-pori yang bisa bikin kulit kita susah bernafas
  3. Pixy two way cake : kalau ini malah bikin kulitku busik-an atau kering mengelupas
  4. Nature Republic Aloe Vera : pakai ini gak ngaruh sama sekali. Jerawat ya gak nambah gak berkurang
  5. Semua facial foam Garnier :))) sedih banget padahal dulu aku cocok banget sama Garnier
  6. Pelembap Sariayu Putih Langsat : karena pemutih itu mengandung Vit C 
  7. Sunscreen Wardah : kenapa ya aku pakai sunscreen jerawatku malah makin banyak?
So, berhubung jerawatku yang semakin parah serta kebandelan masih memakai BB cream akhirnya kulitku semakin breakout. Ditambah lagi aku tergiur mencoba produk Elsh*skin yang bikin jerawatku tambah banyak dan tambah parah. Katanya sih purging, but aku sama sekali gak yakin kalau aku pake produk ini bakalan sembuh soalnya tiap hari mesti ada muncul jerawat baru. Setelah mencoba selama 2 minggu aku coba stop, karena aku merasa aku gak bisa diginiin. Aku ngerasa gak baik aku terusan nyoba skincare mahal tapi ternyata malah bikin kulitku jadi makin marah. Jadi aku berpikir lebih baik aku mengurangi skincare yang aku gunakan dan aku mulai meninggalkan segala jenis BB cream maupun bedak. Less is more!

Untuk saat ini aku memutuskan menggunakan skincare yang sedikit dan kalau bisa harus natural. Ternyata setelah aku mencoba mengurangi skincare selama seminggu jerawatku sama sekali gak bertambah. Berikut ini produk yang aku pakai sekarang :


Ovale Cleansing Gel & Garnier Micellar Water

Pertama, tuangkan gel ditelapak tangan dan ratakan. Kemudian usapkan pada wajah secara perlahan. Gel ini biasanya kadang gantian sama Viva Milk Cleanser karena mau abisin Vivanya dulu. Gel ini menurutku lumayan bersih dan ada sensasi dingin saat pemakaiannya. Setelah dibaurkan pada wajah, bersihkan wajah dengan menggunakan kapas. Setelah semua kotoran terangkat, lanjut tuangkan micellar water pada kapas lalu usapkan pada wajah. Hal ini dilakukan untuk mengecek lagi apakah masih ada kotoran pada wajah yang masih tertinggal.




Madu Murni

Setelah melakukan cleansing saatnya kita bilas segala kotoran agar kulit wajah benar-benar bersih. Bisa kalian cek di post sebelumnya kenapa aku memilih madu sebagai facial washku. Yang pasti untuk saat ini aku cocok banget sama skincare berbahan alami. Apalagi madu juga bisa dibuat masker yang bisa dicampur sama semua bahan. Duh jadi makin cinta aku!



Elsheskin Toner, Elsheskin Night, Dermatix, Betadine, 
Sariayu Intensive Care, Viva Acne Gel

Ini adalah para sobatku untuk melawan jerawat. Sejujurnya aku masih pakai produk Elsheskin, karena sayang juga kalau tidak dipakai but untuk menghabiskan saja no purchase. Aku sama sekali gak cocok sama suncreen Elsheskin karena jerawatku semakin banyak dan memerah, pernah sekali aku coba lagi dan hasilnya malah bikin jerawatku makin gede dan memerah padahal udah mau sembuh dan aku aja yang bandel. Tapi dari sekian produk yang aku beli, aku cocok ama Night creamnya ini meskipun aku baru tahu kalau pemakaiannya cuma dibagian berjerawat aja bukan seluruh muka. Harus sabar dah nih hati memakai produk ini.

Untuk obat jerawatnya sendiri kalau pagi/siang hari saat ini aku iseng pakai Betadine. Bener-bener it works sodara-sodara! Secara obat ini memang obat antiseptik buat luka ternyata juga bisa banget buat jerawat apalagi yang mau pecah dan sudah pecah. Nantinya jerawatmu yang sudah pecah bakal menutup dengan Betadine ini.

Selanjutnya ada produk sebelumnya yang aku pakai yang ngerasa cocok dan itu murah banget yaitu Sariayu Intensive Care sama Viva Gel. Obat ini cocok banget buat kalian yang masih jadi pelajar dengan kantong yang pas-pasan. Tapi ada rupa ada hasil. Sariayu ini emang cepet banget ngempesin jerawat butttt dia malah bikin bekas jerawatmu jadi susah hilang, kalau Viva sendiri ini bagus sih cuma penyembuhannya itu lama.

Last but not least, untuk bekas jerawat saat ini aku pakai Dermatix. Dermatix ini aku dapet secara gratis dari workshop Gogirl! dulu. Lumayan ngaruh sih, tapi aku juga coba nyambi dengan masker penghilang bekas jerawat seperti masker kunyit + madu.



Masker Sariayu Jerawat
Untuk maskernya kalau kamu adalah orang yang pemalas  selalu tidak memiliki banyak waktu untuk membuat masker sendiri, masker ini recomended banget buat kamu yang lagi jerawatan. Tapi masker ini harus dipakai rutin biar efeknya kelihatan. Ada sensasi dingin dan ceklit-ceklit gitu pas pemakaiannya. 

Masker Oats
Oats ini berguna untuk menyerap minyak berlebih yang ada di wajah. Oats ini emang paling top markotop deh kalau untuk urusan kulit berjerawat dan berminyak. Oatsnya ini aku blender sampai jadi bubuk terus aku simpen dalam kulkas. Oats ini biasanya aku campur dengan toner Viva ataupun madu. Kadang masker alami lain juga aku coba kayak madu + kunyit, putih telur + jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat. Pokoknya aku usahakan tiap hari aku pakai masker.


Masker Spirulina

Kalau masker ini aku iseng coba-coba sih soalnya banyak banget testimoninya yang bilang masker ini bagus. Aku pernah nemu vlognya Saddy Aulia yang bilang produk yang terbuat dari ganggang laut langka ini manjur banget buat kamu yang desperate sama yang namanya jerawat. Selama pemakaian seminggu ini sih gak terlalu kelihatan sih hasilnya, tapi aku mau coba ngabisin masker ini dulu deh. Buat kalian yang tertarik dulu aku belinya di Instagram @spirulina_maskid tempat Saddy beli disana juga. Harga 150k udah dapet 20 pil Spirulina.

Memang sih kulit jadi kusem kulu-kulu gak pake BB cream yang bikin kulit wajah jadi makin flawless, tapi dengan mengurangi pemakaian skincare maupun makeup, kulitku malah bisa jadi bernafas dan gak stress terkena bahan kimia. Kulitku malah tambah break out kalau pake skincare yang banyak dan aneh-aneh kayak 10 steps skincare korean girls begitu. Seminimalisir mungkin deh yang aku pakai buat kulit wajahku. Aku juga menghindari namanya touch up dan selalu cuci tangan saat akan memegang wajah seperti saat mau mengoleskan obat jerawat. Pokoknya jerawat itu kudu disayang-sayang banget deh kayak bayi.

Aku juga sadar penting banget buat tau kandungan apa aja yang terkandung didalam produk yang kita beli. Untuk skincare saat ini aku mencoba menghindari yang namanya Aloe Vera, Greentea, Vitamin C, Vitamin E sama menghindari sering mengonsumsi dairy food kayak cokelat, susu maupun gula. Selain itu, pacarku juga menyarankan aku untuk sering minum air putih buat mendetoksifikasi racun yang ada didalam tubuh. Soon i will post about progress of my skin, I hope this is gonna be works!

Komentar

Postingan Populer