Review Buku Amor Fati : Untukmu yang Sedang Bimbang dalam Kedewasaan



Buku best seller Korea ini ditulis oleh seorang profesor yang bernama Rando Kim. Ia merupakan salah satu profesor dan mentor terbaik di Seoul National University. Buku ini merupakan karya kedua dari buku Time of Your Life yang telah menduduki peringkat pertama buku best seller di Korea sejak peluncuran pertamanya.

Buku ini mengajakmu untuk menjadi dewasa dengan cara yang sederhana. Kamu yang sedang frustasi di dunia orang dewasa, nantinya akan diajak untuk mengubah pandangan terhadap proses kehidupan. Segala proses yang rumit dan penuh cobaan akan membuatmu sedikit demi sedikit mengerti tentang kehidupan. 

Amor Fati berasal dari bahasa Latin yang berartikan cinta takdirmu. Namun kalimat “cintai takdirmu” bukan hanya mengajak seseorang untuk pasrah dan menyerah mengejar harapannya. Namun dengan mencintai takdir sebenarnya, ia akan bisa belajar menerima dan menjadi lebih kuat untuk bertahan. 

“Menjadi dewasa juga berarti berkurangnya campur tangan orang lain. Tidak ada lagi guru yang akan membimbing soal hidup dan pelajaran. Kita bisa mandiri secara ekonomi dan memiliki lebih banyak waktu. Bebas. Namun, kita akan hancur jika tidak bisa mengendalikan kebebasan itu.”

Kutipan tersebut diambil dari prolog yang ada di buku Amor Fati. Ibaratnya kutipan inilah yang mewakilkan keseluruhan isi buku pengembangan diri ini. 

Contoh sederhana yang sering dialami sehari-hari adalah ketika ada orang yang mengeluh menjalani proses kedewasaannya. Mereka dituntut segala tekanan yang tidak sesuai dengan keinginan. Saat umur ini sudah harus mencari pekerjaan, selanjutnya sudah harus menikah. Seakan-akan setiap umur sudah ada jadwalnya seperti perlombaan yang tak pernah habis. Prioritas untuk diri sendiri pun malah terabaikan demi kepentingan orang banyak.
Dalam buku ini, Rando ibaratnya seorang orangtua yang sedang memberikan nasihat kepada anaknya.
Secara tidak langsung buku ini memiliki pesan bahwa tidak ada yang harus ditakuti saat beranjak dewasa. Mencari pekerjaan yang cocok, teman yang semakin berkurang, dan pilihan untuk menghabiskan masa tua semua dijelaskan secara rinci dalam buku ini.
Puluhan tahun ia mengajar dan bertemu banyak orang, Rando Kim mengajarkan bahwa cobaan hidup itu tidak selamanya buruk. Cobalah untuk berpikir objektif apakah saat ini kamu sudah berkembang saat ingin memutuskan suatu hal. Bukan hanya diakui sebagai yang terbaik, melainkan apakah pilihan itu bisa membuatmu tumbuh dan berkembang sehingga jauh lebih matang dari sebelumnya.

Untuk kamu yang sedang bimbang mempertanyakan apa arti kedewasaan, buku ini cocok untuk membuatmu memahami sedikit demi sedikit tentang arti kehidupan. Dengan terjemahan bahasa yang mudah dipahami serta terdapat kutipan motivasi penuh makna, buku Amor Fati cocok untuk menemani waktu luangmu.

Komentar

Postingan Populer